OpenGL
OpenGL adalah API yang dikenalkan oleh SGI (Silicon Graphics Inc) kali pertama pada tahun 1980-an. Awalnya OpenGL diciptakan untuk mendukung proses rendering pada hanya digunakan untuk mendukung proses redering yang dilakukan oleh komputer graphic produksi SGI. Namun akhirnya, OpenGL dijadikan standar oleh berbagai perusahaan software dan hardware. Selain itu, satu lagi yang menjadi kelebihan OpenGL adalah fleksibilitas. OpenGL dapat digunakan hampir pada semua operating system, mulai dari Windows, Linux, sampai Mac OS X. Salah satu contoh Game 3D yang menggunakan OpenGL sebagai API adalah Quake.
API
(Aplication Program Interface)
(Aplication Program Interface)
l API singkatan dari Application Program Interface. API adalah interface yang digunakan oleh aplikasi-aplikasi 3D (tiga dimensi). Seperti contohnya game 3D atau aplikasi lain yang memberikan tampilan 3D. Untuk saat ini, ada dua macam API yang sangat umum digunakan yaitu OpenGL dan DirectX . Selain keduanya masih ada dua API lagi, yaitu Glide dari Voodoo dan Redline. Namun kedua yang terakhir ini sudah sangat jarang muncul
DirectX
l Berbeda dengan OpenGL yang hanya digunakan sebagai interface graphics saja. DirectX merupakan sebuah paket terdiri dari Direct3D, Direct-Sound dan DirectPlay. Direct3D adalah API untuk graphic, Direct-Sound untuk suara dan DirectPlay untuk jaringan. DirectX dikembangkan oleh Microsoft. Saat ini keberadaan DirectX sudah sangat luas. Namun saat ini DirectX lebih diperuntukkan pada aplikasi Windows saja. hal inilah yang sampai saat ini banyak disayangkan oleh para programer graphic. Selain itu, yang menjadi kelemahan bagi DirectX adalah Anda tidak selalu mendapatkan versi terbaru dari DirectX setiap Anda menginstal driver terbaru video card Anda. Untuk meng-update DirectX terbaru Anda harus menginstalnya secara tersendiri. Untungnya DirectX ini disediakan secara cuma-cuma oleh Microsoft pada situsnya, yaitu di http://www.microsoft.com/directx .
Berikut ini langkah-langkah untuk menginstal OpenGL :
- Pertama anda harus menginstall Microsoft Visual Studio 9 terlebih dahulu.
- Setelah Microsoft Visual Studio 9 diinstal, download beberapa library OpenGL yang bernama GLUT.
- Setelah didownload, extract file GLUT.zip tersebut.
- Copy file glut.h ke direktori C:\Program Files\Microsoft Visual Studio 9.0\VC\include\GL (Tapi anda harus membuat folder terlebih dahulu yang bernama GL).
- Copy file glut32.lib ke C:\Program Files\Microsoft Visual Studio 9.0\VC\lib
- Copy file glut32.dll ke C:\WINDOWS\system32
- Setelah file-file tadi sudah dicopy ke tempatnya masing-masing, untuk menggunakan library OpenGL pada sebuah project maka harus mengimport library glut dengan cara menyisipkan syntax #include “GL/glut.h”
- Setelah itu, barulah kita bisa mengetikkan perintah-perintah / syntax OpenGL.
Contoh program sederhana openGL:
#include "stdafx.h"
#include <GL/glut.h>
void display(void)
{
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glColor3f (1.0, 1.0, 1.0);
glBegin(GL_POLYGON);
glVertex3f (0.34, 0.35, 0.20);
glVertex3f (0.75, 0.25, 0.0);
glVertex3f (0.50, 0.65, 0.12);
glVertex3f (0.30, 0.75, 0.10);
glEnd();
glFlush ();
}
void init (void)
{
glClearColor (1.0, 0.1, 0.0, 0.0);
/* initialize viewing values */
glMatrixMode(GL_PROJECTION);
glLoadIdentity();
glOrtho(0.0, 1.0, 0.0, 1.0, -1.0, 1.0);
}
int main(int argc, char** argv)
{
glutInit(&argc, argv);
glutInitDisplayMode (GLUT_SINGLE | GLUT_RGB);
glutInitWindowSize (250, 250);
glutInitWindowPosition (100, 100);
glutCreateWindow ("latihanku");
init ();
glutDisplayFunc(display);
glutMainLoop();
return 0;
}
0 komentar:
Posting Komentar