RSS

TRANSFORMASI

Transformasi dua dimensi
Adalah transformasi yang diterapkan pada bidang kartesian dua dimensi, dengan sumbu x dan sumbu y. Representasi asli dari transformasi ini hanya bisa digunakan secara non-komposit (satu per satu).
Macam-macam transformasi 2 dimensi:
1.      Translasi
2.      Rotasi
3.      Scalling
4.      Refleksi
5.      Shear

1.                     Translasi adalah perpindahan obyek dari titik P ke titik P’ secaa rlinier. Dalam
translasi dua dimensi diperlukan dua parameter, yaitu pemindahan kearah sumbu x dan pemindahan kearah
sumbu y. Translasi (dx, dy) didefinisikan dengan :
x’= x + dx
y’ = y + dy
Bentuk umum :
• glTranslatef( x, y, z )
• glTranslated( x, y, z )
glVertex3f(1.0f, -1.0f, -10.0f );
glColor3f( 1.0, 0.0, 0.0 );
glVertex3f(-1.0f, -1.0f, -10.0f );
glEnd(); 
           Rotasi adalah perpindahan objek dari titik P(x, y) ke titik P’(x’,y’) yang berupa pemindahan
berputar sebesar sudut θ atau suatu operasi yang menyebabkan objek bergerak berputar pada titik pusat atau pada sumbu putar yang dipilih berdasarkan sudut putaran tertentu.
Operasi rotasi dapat diuraikan sebagai berikut :
1. Rotasi dari titik P yang berada di sumbu x, P(x, 0) menjadi P’(x’, y’) dapat digambarkan dengan :
x’ = x .cos θ
y’ = x.sin θ
        Scalling dari penskalaan m adalah perpindahan objek dari titik P ke titik P’, dimana jarak titik P’ adalah m kali titik P atau suatu operasi yang membuat suatu objek berubah ukurannya baik menjadi mengecil ataupun
membesar secara seragam atau tidak seragam tergantung pada faktor penskalaan yang diberikan.
Proses penskalaan dapat didefinisikan dengan :
x’ = mx x
y’ = my y
Bentuk umum :
• glScalef( xf, yf, zf ); 
          Refleksi (pencerminan) adalah transformasi objek yang mengubah lokasi objek pada kedudukan yang
berlawanan dengan sembarang sumbu yang dipilih. Sumbu ini bisa sumbu x, sumbu y,sumbu z, atau sumbu lain
yang ditentukan oleh pengguna. Transformasi ini menghasilkan citra cermin objek terhadap sumbu tertentu bagi objek yang dicerminkan. 
            Shear adalah bentuk transformasi yang membuat distorsi dari bentuk suatu objek, seperti menggeser sisi tertentu. Dua macam shear yang umum adalah shear terhadap sumbu x dan sumbu y.
 



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar