RSS

KOMPUTER GRAFIK

·         Definisi-definisi grafik:
1.      Point / titik. Biasa disebut juga pixel.
2.      Line / garis. Garis lurus yang menghubungkan 2 titik.
3.      Vertex. Titik pada 3D.
4.      Edge. Garis pada 3D yang menghubungkan 2 vertex.
5.      Polygon / Face / Facet.Bangun sembarang yang terbentuk dari vertex-vertex yang terhubung. Merupakan unit fundamental dari grafik komputer 3D.
6.      Raster, Berasal dari sistem TV yang menggunakan kolom pixel. Biasa disebut juga dengan scanline. Mempengaruhi algoritma untuk mengurangi kebutuhan memori. Merupakan turunan dari rasterization dan algoritma scan-line.
·         komputer grafik adalah suatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra. Model berasal   dari beberapa bidang seperti fisik, matematik, artistik dan bahkan struktur abstrak.
·         Tujuan dari komputer grafik ini adalah untuk memungkinkan manusia berkomunikasi lewat gambar, bagan-bagan, dan diagram.
·         Istilah ”Grafik Komputer” ditemukan tahun 1960 oleh William Fetter : pembentukan disain model cockpit (Boeing) dengan menggunakan pen plotter dan referensi model tubuh manusia 3 Dimensi
Bidang – bidang yang membutuhkan Komputer Grafik :
  1. Movie industri
  2. Medical
  3. Game day
  4. Science
Keuntungan menggunakan Komputer Grafik :
  1. Perangkat interaksi tidak terlalu mahal
  2. Pembuatan grafik 2D dan 3D tidak membutuhkan waktu yang panjang

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Unknown mengatakan...

kita juga punya nih artikel mengenai computer graphics, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2293/1/Differences%20Of%20Cube%20Mapping%20and%20Dynamic%20Cube%20Mapping.pdf
trimakasih:)

Posting Komentar